SD Negeri 01 Tundagan

SD Negeri 01 Tundagan terletak di Dusun Sirongge Desa Tundagan Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Berdasarkan riwayat dari H. Mansur Sastrowaluyo bin Dahlan/Astrajaya/Umar Sidik (Kakek dari Penulis yang waktu itu sudah menjadi Guru/Kepala S.R. Tundagan dan S.R. Tlagasana mulai tahun 1947) sebelum beralih sebutan menjadi SD Negeri 01 Tundagan dahulunya adalah Sekolah Rakjat (S.R.) Tundagan wilayah Penilik Sekolah Belik, Kabupaten Pemalang, Karesidenan Pekalongan yang diselenggarakan di rumah Bayan Samsuri Dusun Rejasari, Desa Tundagan.

Nama Sekolah Rakjat Tundagan beralih sebutan menjadi Sekolah Dasar Tundagan sekitar tahun 1963 sesuai arsip yang Penulis dapat dari beliau menyatakan pada 31 Desember 1962 nama instasi masih S.R. Tundagan sedangkan pada 01 Pebruari 1964 sudah menjadi SD Tundagan kemudian nama instansi tersebut beralih sebutan lagi menjadi SD Tundagan I setelah berdirinya SD Tundagan II pada 01 Juli 1968 di Dusun Tundagan dengan pimpinan Sutardjo.

Sekarang sekolah tersebut bernama SD Negeri 01 Tundagan berlokasi di Dusun Sirongge Desa Tundagan dan merupakan bagian dari wilayah Dabin III Penilik Sekolah TK/SD Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan Watukumpul.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.