Bongas-Jawa Tengah

gbr kerbau

Asal mula adanya Dusun Bongas/Desa Bongas berdasarkan cerita yang melegenda, konon sewaktu zaman kewalian di Desa Bongas ada ”Kebo Emas” yang pernah berkubang di bawah pohon teja sehingga tempat tersebut diyakini oleh masyarakat setempat sebagai sebuah candi yakni ”Candi Bomas” yang merupakan tempat berkubangnya si kebo emas. Untuk mengenang adanya kebo emas akhirnya muncul nama Bomas dari kata Kebo Emas dan kemudian menjadi Bongas. (meski penulis sendiri tidak percaya dan tidak pula meyakini adanya kebo emas di desa kelahiran penulis namun kepercayaan mereka tetap penulis hargai sebagai suatu cerita yang tlah turun-temurun dari nenek moyang).

Kebo yang dalam bahasa Indonesia berarti Kerbau sedangkan Emas adalah logam mulia yang harganya sangat mahal dan mewah. Penulis berkeyakinan; waktu itu harga kerbau lebih mahal daripada emas atau bahkan menurut gambaran masyarakat bahwa orang yang memiliki kerbau dianggap seperti orang yang memiliki emas atau orang tersebut adalah orang kaya di zamannya.

Bahkan untuk menunjukan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara kaya, sebut saja bung Karno (Presiden RI pertama) membuat sebuah Monumen Nasional (Jakarta) yang puncaknya terbuat dari emas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.